Minggu, 20 November 2011

TENSES

Ayo … Belajar Tenses

Dalam Bahasa Inggris dikenal ada 16 Tenses. Kita akan belajar Satu per satu.  Sabar dan telaten ya.. karena waktu saya terbatas.   Kali ini kita akan belajar satu tense yaitu SIMPLE PRESENT TENSE.
Simple Present Tense digunakan untuk menyatakan peristiwa atau kejadian, kegiatan, aktivitas dan sebagainya yang terjadi saat ini. Present Tense juga digunakan untuk menyatakan suatu fakta atau sesuatu yang dilakukan secara rutin. Rumusnya:
Possitive (Positif): S (I,you, we, they) + V1 + O/C
S (He, She, It) + V1 (s/es) + O/C
Negative (Negatif): S (I,you, we, they) + DO + NOT + V1 + O/C
S (He, She, It) + DOES + NOT + V1 + O/C
Interrogative (Tanya): DO + S (I,you, we, they) + V1 + O/C
DOES + S (He, She, It) + V1 + O/C
Contoh Kalimat Positif:
I ride bicycle
She rides bicycle
We ride bicycle

Anda perlu mengembangkannya sendiri dengan membuat contoh kalimat yang sesuai dengan yang anda alami sendiri sebanyak mungkin. Pasti Anda perlu kamus juga, karena belajar tenses lalu mentok dengan suatu kata yang sulit maka biasanya tidak jadi.
Cara Membaca Rumus:
S maksudnya Subject,
V1 maksudnya Verb1 atau kata kerja bentuk pertama.
O maksudnya Object
C maksudnya Complement
Kapan kita memakai tambahan (s) atau (es) dan kapan tidak?
Kalau Subjectnya He, She, It, Eko, Tyas atau Orang ketiga TUNGGAL maka pada kata kerjanya ditambah (s) atau (es).
Tidak sembarang tambah (s) atau (es) juga sih,
Di atas tadi ada istilah Orang Ketiga TUNGGAL , maksudnya begini: Orang ketiga adalah orang yang kita bicarakan. Sedangkan orang pertama ya yang bicara. Orang kedua adalah orang yang diajak bicara atau lawan bicara. Tunggal itu artinya satu. Jadi orang ketiga tunggal adalah orang yang kita bicarakan hanya satu saja. Misalnya kita berdua membicarakan teman kita yang bernama Aziz. Saya yang berbicara (orang pertama. Anda yang saya ajak berbicara (orang kedua), Aziz yang kita bicarakan (orang ketiga tunggal). Ngerti kan?
Hadi drinks a cup of coffee every morning.
Tidak boleh drinkes , mengapa? ya memang begitu!.
Kalo yang ini harus dengan es.
Siti washes her shoes every Saturday evening.

Kalimat Negatif Pada Present Tense

Bentuk Negatif maksudnya untuk menyatakan tidak. Maka sesuai rumus Present Tense, setelah SUBJECT ditambah DO atau DOES, baru NOT, lalu tambah kata kerja bentuk pertama tanpa (s) atau (es) lagi. (s) atau (es)-nya dimana? Sudah digantikan oleh does tadi.
I do not sweep the floor.
She does not sweep the floor.
Iman does not sweep the floor.
Coba perhatikan She does not sweep the floor.
sweep- nya tidak pake (s) lagi, karena sudah digantikanoleh does. Biasakan saja, Present Simple Tense ini nampaknya rumit tetapi kalau mau belajar dengan jeli dan berlatih menggunakannya akan terasa mudah koq. Perlu ketekunan!.
Baca berulang-ulang keterangan di atas hingga meresap benar. Buat kalimat buatan Anda sendiri dengan kata kerja yang berbeda. Buat lima, sepuluh, dua puluh atau terserah andalah. Semakin banyak semakin bagus. Yes, belajar bahasa Inggris tak boleh gampang menyerah, harus aktif.

Kalimat Tanya Pada Present Tense

Kalimat tanya untuk Present Tense sesuai dengan rumus di atas, atau saya tulis lagi supaya lebih mudah:
Interrogative (Tanya): DO + S (I,you, we, they) + V1 + O/C
DOES + S (He, She, It) + V1 + O/C
Ingat untuk Subject : I, YOU, WE, THEY gunakan DO.
Untuk Subject SHE, HE, IT, Eko, Tyas (nama seseorang) gunakan DOES. Contohnya begini:
Kalimat positifnya : I clean my bedroom
Kalimat tanya menjadi: DO I clean my bedroom?
Kalau yang bertanya orang lain kepada saya: Do you clean your bedroom?
Kalimat positif: She drinks coffe
Kalimat tanya: DOES She drink coffee?
Kalimat tanya seperti di atas disebut juga YES/NO Question. Karena jawabannya memang Yes atau No.
Pertanyaan “Do you clean your bedroom?”
Jawabnya; “Yes I do”. Atau bisa bisa dijawab dengan lengkap: “Yes, I clean my
bedroom”.
Ya, memang benar kalau Present Tense ini lebih rumit dibandingkan dengan Present Continuous Tense karena sekonyong-konyong kok menggunkan DO, sedangkan untuk orang ketiga tunggal pakai DOES segala, hehe.. Kalau dalam Present Continuous Tense kan tinggal menukar posisi antara Subject dengan ToBe-nya.
Kenapa perlu belajar rumus seperti ini? Yeaahh ..agar bahasa Inggris kita lebih terstruktur dan punya landasan kuat untuk belajar lebih lanjut nanti. Misalnya Anda perlu menulis untuk menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, blog Anda dalam bahasa Inggris dan lain-lain.
Nah, kalau tadi kan Kalimat Tanya Present Tense yang jawabannya Yes atau No. Bagaimana dengan pertanyaan yang memerlukan jawaban tidak menggunakan Yes atau NO?. Dalam membuat pertanyaannya sama dengan pertanyaan yang menggunakan jawaban Yes atau No hanya tinggal menambahkan When, Where, Why, Who, What, How dll di depannya. Contohnya begini:
Question : When Do you study English?
Answer : I study English every evening.
Question : What does Meilina do every Sunday?
Answer : She washes her shoes
Mudah kan? Jawabnya PASTI. Kalau Anda sering praktekkan dalam bahasa Inggris sehari-hari maka tentu saja akan terasa semakin lebih mudah. Silakan berlatih, berkarya menggunakan daya kreasi dan imajinasi dengan kalimat-kalimat Anda dalam Present Tense, Okay???.
Rasanya cukup itu dulu pelajaran Tenses kali ini. Kalau ada yang mau menambahkan atau memberi saran atau komentar, silakan. Let’s Practice Our English.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer